Ini Jadwal Pencairan Bansos PIP 2024 Terlengkap! Kamu Bisa Mengecek Bantuan di Link Dalam Artikel

- 3 April 2024, 11:00 WIB
Jadwal pencairan Bansos PIP 2024
Jadwal pencairan Bansos PIP 2024 /lintasgunungkidul.pikiran-rakyat.com

KABAR PANGANDARAN - Yuk baca tentang Bansos PIP 2024 yang bisa dicek dengan NIK. Tidak hanya itu, untuk pengecekan bantuan ini juga bisa menggunakan NISN. Sementara belakangan ini, Jadwal pencairan bantuan ini sudah resmi diumumkan oleh pemerintah. Maka agar kamu mengetahui tentang bantuan ini, hendaklah membaca artikel ini sampai selesai.

Perkiraan dengan Bansos PIP 2024, yaitu terdapat puluhan juta siswa yang terdata oleh pemerintah, yang ditetapkan sebagai penerima. Sedangkan untuk mengecek bantuan ini bisa menggunakan NISN dan NIK di aplikasi atau website SIPINTAR. Setelah itu kamu akan mendapat bantuan dengan dana sebesar Rp1,8 juta.

Adapun Bansos PIP 2024 ini, datanya bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sudah di verifikasi oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Kemudian DTKS ini dipadukan dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) guna mengecek keberadaan pelajar di sekolah untuk diberikan bansos melalui bansos PIP.

Baca Juga: 4 Bansos 2024 ini Berikan Dana Hingga Rp3 Juta, Cek Jadwal Pencairannya di Dalam Artikel

Sekedar diketahui, menurut data yang berhasil kabar Pangandaran himpun, penerima Bansos PIP 2024 ini mencapai 18,6 juta pelajar dengan anggaran Rp13,4 triliun. Sementara besaran yang diterima oleh siswa berbeda, sesuai dengan tingkatan sekolah mereka. Yakni SMA/SMK Rp1,8 juta, SMP Rp 750 ribu, SD Rp450 ribu. Jutaan dan ratusan ribu itu merupakan dana bantuan selama satu tahun.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui tentang bansos PIP 2024, maka tidak salah apabila membaca artikel ini sampai selesai. Apa lagi penjelasan kali ini bukan hanya tentang pengertian bansos saja, melainkan juga cara mengecek dan jadwal pencairan bantuan ini. Maka simaklah sampai selesai.

Jadwal Resmi pencairan Bantuan PIP 2024

Bansos PIP, secara resminya sudah keluar jadwalnya, yakni ada tiga tahap berikut lengkapnya:
1. PIP tahap 1 pada Mei sampai September 2024.
Penyaluran pada tahap terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
2. Pada PIP tahap dua bakal disalurkan bulan Oktober sampai Desember 2024. Penyaluran ini diberikan kepada siswa usulan Dinas Pendidikan (Disdik), usulan pemangku kepentingan, serta siswa yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) penerima PIP.
3. Sedang PIP tahap 3 disalurkan pada bulan Oktober sampai Desember 2024. Penyaluran ini akan diberikan kepada siswa yang belum menerima PIP tahap 1 dan 2 serta siswa yang mengalami perubahan status.

Baca Juga: Dapatkan Rp750 Ribu dari Bansos PKH 2024 Tahap 2, Cek Penerima Login Disini!

Cara Mengecek Penerima PIP 2024 tahap 1 Cair Akhir Bulan

Untuk mengetahui mendapat PIP atau tidak, bisa dilakukan di laman resmi Sistem Informasi PIP Kemendikbud (SIPINTAR) yakni dengan langkah sebagai berikut:
1. Mengakses laman SIPINTAR melalui link ini.
2. Melakukan login dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom "Cari Penerima PIP".
3. Masukkan hasil perhitungan keamanan yang ditampilkan dan klik tombol "Cari Penerima PIP".

Demikian informasi tentang Bansos PIP 2024. Kamu bisa mengecek bantuan ini menggunakan NISN dan NIK, dan dapatkanlah dana Rp1,8 Juta. Oh ya, Jika kamu bingung, silahkan ikuti langkah-langkah di atas. Semoga sukses. ***

Jika kamu membutuhkan informasi seputar game penghasil uang, saldo DANA gratis, aplikasi penghasil uang, dan teknologi lainnya. Sekarang, kamu bisa menghubungi Kabar Pangandaran lewat WhatsApp Kabar Pangandaran.

Editor: Kiki Masduki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x